Apa Itu Hardware Komputer? Simak Penjelasan Lengkap dan Mudahnya di Sini!

Perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer, dan ini dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya seperti perangkat lunak yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Hardware komputer dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian internal dan eksternal.

Perangkat keras internal merupakan komponen fisik komputer yang secara berbarengan berfungsi untuk membaca dan memproses perintah yang disampaikan pengguna melalui sistem perangkat lunak seperti aplikasi dan sistem operasi.
Perangkat keras eksternal merupakan komponen fisik komputer yang dihubungkan secara eksternal ke komputer. Jenis perangkat keras komputer ini biasa disebut juga dengan komponen periferal.

Berikut adalah contoh dari Hardware internal yang ada pada sebuah komputer.


1. Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit atau bisa disebut Processor adalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang menjalankan perintah untuk membentuk program komputer. CPU melakukan operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/output dasar yang ditentukan oleh perintah dalam program.

Sejak pertama kali ditemukan, CPU (Central Processing Unit) telah menjadi bagian yang sangat penting dari setiap komputer. CPU adalah “otak” komputer yang menangani sebagian besar pemrosesan data yang dilakukan oleh komputer. Berikut ini adalah cara kerja CPU:


RAM
MOTHERBOARD
GPU
MEDIA PENYIMPANAN
KARTU EKSPANSI
PSU
CASING KOMPUTER

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Mesin Hitung Mekanik ke Quantum Computing: Sejarah Panjang Hardware Komputer

Hardware Input dan Output: Kunci Utama Komputer dalam Berfungsi